TUPOKSI

BADAN PENAGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Biak Numfor sebagai Lembaga Teknis Daerah,  diposisikan sebagai institusi yang melaksanakan penanggulangan bencana daerah, membantu Bupati Biak Numfor dalam menyusun dan merumuskan kebijakan teknis dibidang penanggulangan bencana. Untuk menyelenggarakan tugas dan fungsi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Biak Numfor mempunyai uraian tugas :

(1)     Kepala Pelaksana Badan mempunyai tugas :

  1. Menetapkan program kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah;
  2. Membuat perumusan kebijakan teknis Bidang Penanggulangan Bencana Daerah;
  3. Melaksanakan pembinaan ketatausahaan;
  4. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasi tugas-tugas bawahan sesuai dengan  bidangnya masing-masing;
  5. Memberikan petunjuk dan bimbingan serta pengawasan kepada bawahan;
  6. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  7. Menetapkan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang  mencakup pencegahan bencana, penanganan darurat, rehabilitasi, serta rekonstruksi secara adil dan setara;
  8. Menetapkan standarisasi serta kebutuhan penyelenggaraan penanggulangan bencana berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  9. Menyusun, menetapkan dan menginformasikan peta rawan bencana;
  10. Menyusun dan menetapkan prosedur tetap penanganan bencana;
  11. Melaksanakan penanggulangan bencana secara terintegrasi yang meliputi pra bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana;
  12. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  13. Melaporkan pertanggungjawaban kinerja kepada Bupati;
  14. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(2)   Kepala Pelaksana Badan dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah selaku Ex-Oficio Kepala Badan.

(3)     Sekretariat mempunyai tugas :

  1. Menyusun program kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah;
  2. Menyusun laporan pertanggungjawaban kinerja Badan berdasarkan laporan hasil kegiatan masing -masing Bidang dan Sekretariat;
  3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan Sub Bagian masing-masing;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Memeriksa pelayanan teknis dan administrasi kepada seluruh bidang dalam lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah;
  7. Melaksanakan pengelolaan urusan umum dan kepegawaian;
  8. Melaksanakan pengelolaan urusan keuangan;
  9. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  10. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(4)     Sekretariat dipimpin oleh seorang  Sekretaris  Badan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

(5)Sekretariat terdiri dari :

1.  Sub Bagian Program;

2.  Sub Bagian Keuangan;

3.  Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

(1)   Sub. Bagian Program mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan rencana hasil kegiatan Sub. Bagian Program sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan sekretariat;
  2. Menyusun laporan hasil kegiatan Sub. Bagian Program sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan sekretariat;
  3. Mengatur, mendistribusikan, dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Mengadakan koordinasi dengan kepala Sub Bagian dan Bidang untuk kerhamonisan kerja;
  7. Melakukan pengumpulan, analisis dan penyajian data dibidang penanggulangan bencana;
  8. Menyiapkan bahan perumusan rencana dan program kerja berdasarkan rencana kegiatan masing-masing Bidang dan Sekretariat;
  9. Menyiapkan bahan laporan Badan sebagai bahan pertanggungjawaban kepada Bupati;
  10. Menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana dalam peningkatan kinerja Badan;
  11. Membuat hasil laporan kegiatan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban hasil kerja bawahan;
  12. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  13. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(2)   Sub. Bagian Keuangan mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan;
  2. Menyusun laporan hasil kegiatan Sub Bagian Keuangan sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Sekretariat;
  3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Menyusun rencana anggaran biaya langsung dan tak langsung;
  7. Menyelenggarakan tata usaha keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku dan pedoman yang telah ditetapkan;
  8. Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan;
  9. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  10. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(3)   Sub. Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Menyusun laporan hasil kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan sekretariat;
  3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Menyiapkan rencana kebutuhan, pengembangan dan mutasi pegawai di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD);
  7. Melaksanakan urusan surat-menyurat dan pengadaan naskah dinas;
  8. Melaksanakan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan kantor;
  9. Melaksanakan urusan hubungan masyarakat, perjalanan dinas dan keprotokolan;
  10. Menyiapkan data dan membuat laporan kepegawaian;
  11. Melakukan upaya-upaya penigkatan kesejahteraan dan disiplin pegawai;
  12. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  13. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(4)   Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Badan.

(6)     Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan rencana kegiatan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan;
  2. Menyusun laporan hasil kegiatan bidang berdasarkan laporan hasil kegiatan masing- masing Seksi dilingkungan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, sebagai bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD);
  3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
  4. Memeberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Melakukan serangkaian kegiatan sebagai upaya untuk menghilangkan dan atau mengurangi ancaman bencana;
  7. Melaksanakan serangakaian kegiatan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat dan berdaya guna;
  8. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  9. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(7)     Bidang Pencegahan dan Kesipsiagaan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Pelaksana Badan.

(8) Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan terdiri dari :

  1. Seksi Pencegahan;
  2. Seksi Kesiapsiagaan.

(1)   Seksi Pencegahan mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan rencana Kegiatan Seksi  Pencegahan;
  2. Menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan;
  3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Melakukan identifikasi dan pengenalan secara pasti terhadap sumber bahaya atau ancaman bencana;
  7. Melaksanakan kontrol terhadap penguasaan dan pengelolaan sumber daya alam yang secara tiba-tiba dan/atau berangsur berpotensi menjadi sumber bahaya bencana;
  8. Melakukan pemantauan penggunaan teknologi yang secara tiba-tiba dan/atau berangsur berpotensi menjadi sumber ancaman atau bahaya bencana;
  9. Melakukan koordinasi pengelolaan tata ruang dan lingkungan hidup;
  10. Melaksanakan penguatan ketahan sosial masyarakat;
  11. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  12. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan. 

(2)   Seksi Kesiapsiagaan mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan rencana kegiatan SeksiKesiapsiagaan;
  2. Menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan;
  3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Menyiapkan penyusunan dan uji coba rencana penanggulangan kedaruratan bencana;
  7. Menyiapkan pengorganisasian, pemasangan dan pengujian peringatan dini;
  8. Menyiapkan penyediaan dan penyiapan barang pasokan pemenuhan kebutuhan dasar;
  9. Menyiapkan pengorganisasian, penyuluhan, pelatihan dan gladi tentang mekanisme tanggap darurat;
  10. Menyiapkan lokasi evakuasi;
  11. Melakukan penyusunan data akurat, informasi dan pemutahiran prosedur tetap tanggap darurat bencana;
  12. Melaksanakan penyediaan dan penyiapan bahan, barang dan peralatan untuk pemenuhan pemulihan prasarana dan sarana;
  13. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  14. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(3)  Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di   bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan.

(9)     Bidang Kedaruratan dan Logistik mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan rencana kegiatan Bidang Kedaruratan dan Logistik,
  2. Menyusun laporan hasil kegiatan bidang berdasarkan laporan hasil kegiatan masing – masing Seksi di lingkungan Bidang Kedaruratan dan Logistik, sebagai bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Biak Numfor;
  3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Melakukan dan mengkoordinasikan serangkaian kegiatan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan;
  7. Melakukan upaya memberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan dasar pada saat keadaan darurat;
  8. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  9. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(10)   Bidang Kedaduratan dan logistik dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Pelaksana Badan.

(11)  Bidang Kedaruratan dan Logistik terdiri dari :

  1. SeksiTanggap Darurat;
    1. Seksi Penyelamatan dan Evakuasi.

(1)   Seksi Tanggap Darurat mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan rencana kegiatan Seksi Tanggap Darurat;
    1. Menyusun laporan hasil kegiatanSeksi Tanggap Darurat sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Kedaruratan dan Logistik;
    1. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
    1. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
    1. Memeriksa hasil kerja bawahan;
    1. Menyiapkan pelaksanaan koordinasi penanganan tanggap darurat;
    1. Melaksanakan koordinasi tanggap darurat;
    1. Menyiapkan serangakaian kegiatan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan;
    1. Melaksanakan penanganan tanggap darurat bila terjadi bencana;
    1. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    1. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(2)   Sekai Penyelamatan dan Evakuasi mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan rencana kegiatan Seksi Penyelamatan dan Evakuasi;
  2. Menyusun laporan hasil kegiatan Sekai Penyelamatan dan Evakuasi;
  3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Menyiapkan pelaksanaan koordinasi penanganan penyelamatan dan evakuasi bila terjadi bencana;
  7. Melaksanakan koordinasi penyelamatan dan evakuasi bila terjadi bencana;
  8. Menyiapkan serangakaian kegiatan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan;
  9. Melaksanakan penanganan penyelamatan dan evakuasi bila terjadi bencana;
  10. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  11. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

(3)   Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik.

(12)   Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi;
  2. Menyusun laporan hasil kegiatan bidang berdasarkan laporan hasil masing-masing Seksi dilingkungan Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi sebagai bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD);
  3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pada saat pasca bencana, dalam hal penanganan pengungsi dan pembangunan kembali dengan instansi terkait, lembaga, serta masyarakat;
  7. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan analisis pelaporan tentang pelaksanaan di bidang penanggulangan bencana pada saat pasca bencana;
  8. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  9. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang di berikan oleh atasan.

(13)   Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Pelaksana Badan.

(14)Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi terdiri dari :

  1. Seksi Rehabilitasi;
  2. Seksi Rekonstruksi.

(1)   Seksi Rehabilitasi mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan rencana kegiatan Seksi Rehabilitasi
  2. Menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi;
  3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan program rehabilitasi dan penanganan pasca bencana;
  7. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan dibidang bencana pada saat rehabilitasi penanganan pengungsi dengan instansi terkait, lembaga serta masyarakat;
  8. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan analisis pelaporan tentang pelaksanaan di bidang bencana pada saat rehabilitasi penanganan pengungsi;
  9. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  10. Melaksankan tugas dinas lainnya yang di berikan oleh atasan.

(2)   Seksi Rekonstruksi mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan rencana kegiatan Seksi Rekonstruksi;
  2. Menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang rehabilitasi dan Rekonstruksi;
  3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
  4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
  5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
  6. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan program rekonstruksi dalam penanganan pasca bencana;
  7. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan di bidang bencana pada saat rekonstruksi dengan instansi terkait, lembaga serta masyarakat;
  8. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan analisis pelaporan tentang pelaksanaan di bidang penanggulangan bencana pada saat rekonstruksi;
  9. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
  10. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang di berikan oleh atasan. 

(3)   Masing-masing Seksi dipimpin oleh Seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi.